Thank You For Visiting

Selasa, 28 Februari 2017

TT1:PERMENDIKNAS 26 2008

SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 26 TAHUN 2008 TANGGAL 11 JUNI 2008
STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
A.KUALIFIKASI
1.Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi kepala laboratorium Sekolah/Madrasah adalah sebagai berikut:
a.Jalur guru
1)Pendidikan minimal sarjana (S1);
2)Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola praktikum;
3)Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
b.Jalur laboran/teknisi
1)Pendidikan minimal diploma tiga (D3);
2)Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran atau teknisi;
3)Memiliki sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
2.Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi teknisi laboratorium sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a.Minimal lulusan program diploma dua (D2) yang relevan dengan peralatan laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b.Memiliki sertifikat teknisi laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
3.Laboran Sekolah/Madrasah
Kualifikasi laboran sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a.Minimal lulusan program diploma satu (D1) yang relevan dengan jenis laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b.Memiliki sertifikat laboran sekolah/madrasah dari perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.
1
B.KOMPETENSI
1. Kompetensi Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
DIMENSI

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI










1. Kompetensi
1.1 Menampilkan diri
1.1.1
Bertindak secara
Kepribadian

sebagai pribadi

konsisten sesuai dengan


yang dewasa,

norma agama, hukum,


mantap, dan

sosial, dan budaya


berakhlak mulia

nasional Indonesia



1.1.2
Berperilaku arif



1.1.3
Berperilaku jujur



1.1.4
Menunjukkan




kemandirian



1.1.5
Menunjukkan rasa




percaya diri



1.1.6
Berupaya meningkatkan




kemampuan diri






1.2
Menunjukkan
1.2.1
Berperilaku disiplin


komitmen terhadap




1.2.2
Beretos kerja yang tinggi


tugas
1.2.3
Bertanggung jawab




terhadap tugas



1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati




dalam melaksanakan




tugas



1.2.5
Kreatif dalam




memecahkan masalah




yang berkaitan dengan




tugas profesinya



1.2.6
Berorientasi pada




kualitas





2. Kompetensi
2.1
Bekerja sama
2.1.1
Menyadari kekuatan dan
Sosial

dalam pelaksanaan

kelemahan baik diri


tugas

maupun stafnya



2.1.2
Memiliki wawasan




tentang pihak lain yang




dapat diajak kerja sama



2.1.3
Bekerjasama dengan




berbagai pihak secara




efektif





2
DIMENSI

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI












2.2
Berkomunikasi
2.2.1
Berkomunikasi dengan


secara lisan dan

berbagai pihak secara


tulisan

santun, empatik, dan




efektif



2.2.2
Memanfaatkan berbagai




peralatan teknologi




informasi dan




komunikasi (TIK)




3. Kompetensi
3.1 Merencanakan
3.1.1
Menyusun rencana
Manajerial

kegiatan dan

pengembangan


pengembangan

laboratorium


laboratorium
3.1.2
Merencanakan


sekolah/madrasah

pengelolaan




laboratorium



3.1.3
Mengembangkan sistem




administrasi




laboratorium



3.1.4
Menyusun prosedur




operasi standar (POS)




kerja laboratorium






3.2
Mengelola kegiatan
3.2.1
Mengkoordinasikan


laboratorium

kegiatan praktikum


sekolah/madrasah

dengan guru



3.2.2
Menyusun jadwal




kegiatan laboratorium



3.2.3
Memantau pelaksanaan




kegiatan laboratorium



3.2.4
Mengevaluasi kegiatan




laboratorium



3.2.5
Menyusun laporan




kegiatan laboratorium






3.3
Membagi tugas
3.3.1
Merumuskan rincian


teknisi dan laboran

tugas teknisi dan laboran


laboratorium
3.3.2
Menentukan jadwal kerja


sekolah/ madrasah

teknisi dan laboran



3.3.3
Mensupervisi teknisi dan




laboran



3.3.4
Membuat laporan secara




periodik





3
DIMENSI

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI












3.4
Memantau sarana
3.4.1
Memantau kondisi dan


dan prasarana

keamanan bahan serta


laboratorium

alat laboratorium


sekolah/madrasah
3.4.2
Memantau kondisi dan




keamanan bangunan




laboratorium



3.4.3
Membuat laporan




bulanan dan tahunan




tentang kondisi dan




pemanfaatan




laboratorium






3.5
Mengevaluasi
3.5.1
Menilai kinerja teknisi


kinerja teknisi dan

dan laboran laboratorium


laboran serta
3.5.2
Menilai hasil kerja teknisi


kegiatan

dan laboran


laboratorium
3.5.3
Menilai kegiatan


sekolah/madrasah

laboratorium



3.5.4
Mengevaluasi program




laboratorium untuk




perbaikan selanjutnya




4. Kompetensi
4.1 Menerapkan
4.1.1
Mengikuti
Profesional

gagasan, teori, dan

perkembangan


prinsip kegiatan

pemikiran tentang


laboratorium

pemanfaatan kegiatan


sekolah/madrasah

laboratorium sebagai




wahana pendidikan



4.1.2
Menerapkan hasil




inovasi atau kajian




laboratorium





4.2 Memanfaatkan
4.2.1
Menyusun


laboratorium untuk

panduan/penuntun


kepentingan

(manual) praktikum


pendidikan dan
4.2.2
Merancang kegiatan


penelitian di

laboratorium untuk


sekolah/madrasah

pendidikan dan




penelitian



4.2.3
Melaksanakan kegiatan




laboratorium untuk




kepentingan pendidikan




dan penelitian





4
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI










4.2.4
Mempublikasikan karya



tulis ilmiah hasil



kajian/inovasi





4.3 Menjaga kesehatan
4.3.1
Menetapkan ketentuan

dan keselamatan

mengenai kesehatan

kerja di

dan keselamatan kerja

laboratorium
4.3.2
Menerapkan ketentuan

sekolah/madrasah

mengenai kesehatan



dan keselamatan kerja


4.3.3
Menerapkan prosedur



penanganan bahan



berbahaya dan beracun


4.3.4
Memantau bahan



berbahaya dan beracun,



serta peralatan



keselamatan kerja



2. Kompetensi Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah




DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI








1. Kompetensi
1.1 Menampilkan diri
1.1.1
Bertindak secara
Kepribadian
sebagai pribadi

konsisten sesuai dengan

yang dewasa,

norma agama, hukum,

mantap, dan

sosial, dan budaya

berakhlak mulia

nasional Indonesia


1.1.2
Berperilaku arif


1.1.3
Berperilaku jujur


1.1.4
Menunjukkan



kemandirian


1.1.5
Menunjukkan rasa



percaya diri


1.1.6
Berupaya meningkatkan



kemampuan diri





1.2 Menunjukkan
1.2.1
Berperilaku disiplin

komitmen terhadap
1.2.2
Beretos kerja yang tinggi

tugas



1.2.3
Bertanggung jawab



terhadap tugas




5
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI









1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-



hati dalam



melaksanakan tugas


1.2.5
Kreatif dalam



memecahkan masalah



yang berkaitan dengan



tugas profesinya


1.2.6
Berorientasi pada



kualitas




2. Kompetensi
2.1 Bekerja sama
2.1.1
Menyadari kekuatan dan
Sosial
dalam pelaksanaan

kelemahan diri

tugas
2.1.2
Memiliki wawasan



tentang pihak lain yang



dapat diajak kerja sama


2.1.3
Bekerjasama dengan



berbagai pihak secara



efektif





2.2 Berkomunikasi
2.2.1
Berkomunikasi dengan

secara lisan dan

berbagai pihak secara

tulisan

santun, empatik, dan



efektif


2.2.2
Memanfaatkan berbagai



peralatan TIK untuk



berkomunikasi




3. Kompetensi
3.1 Merencanakan
3.1.1
Merencanakan
Administratif
pemanfaatan

kebutuhan bahan,

laboratorium

peralatan, dan suku

sekolah/madrasah

cadang laboratorium


3.1.2
Memanfaatkan katalog



sebagai acuan dalam



merencanakan bahan,



peralatan, dan suku



cadang laboratorium


3.1.3
Membuat daftar bahan,



peralatan, dan suku



cadang yang diperlukan



laboratorium




6
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI










3.1.4
Merencanakan



kebutuhan bahan dan



perkakas untuk



perawatan dan



perbaikan peralatan



laboratorium


3.1.5
Merencanakan jadwal



perawatan dan



perbaikan peralatan



laboratorium





3.2 Mengatur
3.2.1
Mencatat bahan,

penyimpanan

peralatan, dan fasilitas

bahan, peralatan,

laboratorium dengan

perkakas, dan suku

memanfaatkan peralatan

cadang

teknologi informasi dan

laboratorium

komunikasi (TIK)

sekolah/madrasah
3.2.2
Mengatur tata letak



bahan, peralatan, dan



fasilitas laboratorium


3.2.3
Mengatur tata letak



bahan, suku cadang,



dan perkakas untuk



perawatan dan



perbaikan peralatan



laboratorium




4. Kompetensi
4.1 Menyiapkan
4.1.1
Menyiapkan petunjuk
Profesional
kegiatan

penggunaan peralatan

laboratorium

laboratorium

sekolah/madrasah
4.1.2
Menyiapkan paket



bahan dan rangkaian



peralatan yang siap



pakai untuk kegiatan



praktikum


4.1.3
Menyiapkan penuntun



kegiatan praktikum


.


7


DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI









KOMPETENSI KHUSUS





Teknisi Laboratorium IPA,


Fisika, Kimia, Biologi dan


Program Produktif SMK


4.1.4
Membuat peralatan



praktikum sederhana


4.1.5
Membuat paket bahan



siap pakai untuk



kegiatan praktikum





Teknisi Laboratorium Bahasa


4.1.6
Membuat rekaman audio



visual dalam berbagai



media untuk



kepentingan



pembelajaran





Teknisi Laboratorium Komputer


4.1.7
Memelihara kelancaran



jaringan komputer (LAN)


4.1.8
Mengoperasikan



program aplikasi sesuai



dengan kebutuhan mata



pelajaran





4.2 Merawat peralatan
4.2.1
Mengidentifikasi

dan bahan di

kerusakan peralatan dan

laboratorium

bahan laboratorium

sekolah/madrasah
4.2.2
Memperbaiki kerusakan



peralatan laboratorium





4.3 Menjaga kesehatan
4.3.1
Menjaga kesehatan diri

dan keselamatan

dan lingkungan kerja

kerja di
4.3.2
Menggunakan peralatan

laboratorium

kesehatan dan

sekolah/madrasah

keselamatan kerja di



laboratorium


4.3.3 Menangani bahan-bahan



berbahaya dan beracun



sesuai dengan prosedur



yang berlaku




8
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI










4.3.4
Menangani limbah



laboratorium sesuai



dengan prosedur yang



berlaku


4.3.5
Memberikan pertolongan



pertama pada



kecelakaan




3. Kompetensi Laboran Sekolah/Madrasah
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI








1. Kompetensi
1.1 Menampilkan diri
1.1.1
Bertindak secara
Kepribadian
sebagai pribadi

konsisten sesuai dengan

yang dewasa,

norma agama, hukum,

mantap, dan

sosial, dan budaya

berakhlak mulia

nasional Indonesia


1.1.2
Berperilaku arif


1.1.3
Berperilaku jujur


1.1.4
Menunjukkan



kemandirian


1.1.5
Menunjukkan rasa



percaya diri


1.1.6
Berupaya meningkatkan



kemampuan diri





1.2 Menunjukkan
1.2.1
Berperilaku disiplin

komitmen
1.2.2
Beretos kerja yang tinggi

terhadap tugas
1.2.3
Bertanggung jawab



terhadap tugas


1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-hati



dalam melaksanakan



tugas


1.2.5
Kreatif dalam



memecahkan masalah



yang berkaitan dengan



tugas profesinya




9
DIMENSI

KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI













1.2.6. Berorientasi pada kualitas





2. Kompetensi
2.1
Bekerja sama
2.1.1
Menyadari kekuatan dan
Sosial

dalam

kelemahan diri


pelaksanaan
2.1.2
Memiliki wawasan


tugas

tentang pihak lain yang




dapat diajak kerja sama



2.1.3
Bekerjasama dengan




berbagai pihak secara




efektif






2.2
Berkomunikasi
2.2.1
Berkomunikasi dengan


secara lisan dan

berbagai pihak secara


tulisan

santun, empatik, dan




efektif



2.2.2
Memanfaatkan berbagai




peralatan TIK untuk




berkomunikasi




3. Kompetensi
3.1 Menginventarisasi
3.1.1
Mencatat bahan
Administratif

bahan praktikum

laboratorium



3.1.2
Mencatat penggunaan




bahan laboratorium



3.1.3
Melaporkan penggunaan




bahan laboratorium





3.2 Mencatat kegiatan
3.2.1
Mencatat kehadiran guru


praktikum

dan peserta didik



3.2.2
Mencatat penggunaan




alat



3.2.3
Mencatat penggunaan




penuntun praktikum



3.2.4
Mencatat kerusakan alat



3.2.5
Melaporkan keseluruhan




kegiatan praktikum




secara periodik




4. Kompetensi
4.1 Merawat ruang
4.1.1
Menata ruang
Profesional

laboratorium

laboratorium


sekolah/madrasah
4.1.2
Menjaga kebersihan




ruangan laboratorium





10
DIMENSI
KOMPETENSI

SUB-KOMPETENSI
KOMPETENSI











4.1.3. Mengamankan ruang



laboratorium






4.2 Mengelola bahan
4.2.1
Mengklasifikasikan bahan

dan peralatan

dan peralatan praktikum

laboratorium
4.2.2
Menata
bahan
dan

sekolah/madrasah

peralatan praktikum


4.2.3
Mengidentifikasi




kerusakan
bahan,



peralatan,
dan fasilitas



laboratorium



4.2.4
Menjaga
kebersihan alat



laboratorium



4.2.5
Mengamankan bahan dan



peralatan laboratorium





Khusus untuk laboran biologi:








4.2.6
Merawat
tanaman
untuk



kegiatan praktikum



4.2.7
Memelihara hewan untuk



praktikum







4.3 Melayani kegiatan
4.3.1
Menyiapkan bahan sesuai

praktikum

dengan penuntun




praktikum




4.3.2
Menyiapkan peralatan



sesuai dengan penuntun



praktikum




4.3.3
Melayani guru dan




peserta didik dalam



pelaksanaan praktikum


4.3.4
Menyiapkan kelengkapan



pendukung praktikum



(lembar kerja, lembar



rekam data, dan lain-lain)





4.4 Menjaga
4.4.1
Menjaga kesehatan diri

kesehatan dan

dan lingkungan kerja

keselamatan kerja
4.4.2
Menggunakan peralatan

di laboratorium

kesehatan dan


sekolah/madrasah

keselamatan kerja di



laboratorium







11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar